Sunday, September 27, 2009

Komet Raksasa di Orbit Planet Neptunus

Para astronom mengumukan penemuan sebuah objek raksasa menyerupai komet di orbit Planet Neptunus. Benda langit yang diberi identitas 2006 SQ372 tersebut berdiameter antara 50-100 kilometer.

Objek tersebut diperkirakan tengah dalam perjalanan kembali untuk menyelesaikan satu kali putaran orbitnya terhadap Matahari yang mencapai 22.550 kilometer. Saat ini, ia berada pada jarak dua miliar kilometer dari Bumi, namun karena lintasan orbit yang sangat lebar, suatu saat berada pada jarak terjauh hingga 241 miliar kilometer.

Benda langit lain yang memiliki orbit setara dengannya adalah Sedna, planet kerdil seperti Pluto yang ditemukan tahun 2003. Namun, orbit 2006 SQ372 lebih melengkung dan menjauh dari Matahari daripada Sedna.

Menurut Andrew Becker ( astronom dari Universitas Wahington )
"Pada dasarnya ia termasuk komet, namun tidak cukup dekat dengan Matahari sehingga tidak cukup membentuk ekor uap gas dan debu yang memanjang".

Becker dan timnya menemukannya setelah menganalisis data rekaman survei langit Sloan Digital Sky Survey II (SDSS II) sepanjang tahun2005, 2006, dan 2007 menggunakan teleskop di Apache Point Observatory.

No comments:

Post a Comment